RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : ..................................
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : IV / I
Waktu : 2 x 35 menit
A. Standar Kompetensi
1. Mendengarkan penjelasan tentang petunjuk
denah.
B. Kompetensi Dasar
Membuat gambar / denah berdasarkan
penjelasan yang didengar.
C. Indikator
§ Membuat
gambar / denah
D. Tujuan Pembelajaran** :
§ Siswa dapat Mendengarkan petunjuk arah
yang dibacakan guru tentang Petunjuk Arah ke Bumi Perkemahan dengan Rasa
hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab (
responsibility ) serta Berani ( courage)
§ Siswa dapat Membuat denah berdasarkan
penjelasan yang didengar
§ Siswa dapat Menjawab pertanyaan sesuai
dengan denah
§ Siswa dapat Menjelaskan secara lisan
mengenai denah yang dibuat
v
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ),
Tekun ( diligence ), Tanggung jawab (
responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )
E. Materi Pokok
§ Gambar / Denah


F. Kegiatan Pembelajaran
§ Membuat denah berdasarkan penjelasan yang
didengar.
§ Menjawab pertanyaan sesuai dengan denah.
§ Menjelaskan secara lisan mengenai denah
yang dibuat.
Langkah Kegiatan
|
Pegorganisasian
|
Pengembangan Diri
|
||
Kelas
|
Waktu
|
Penilaian
|
|
|
Pertemuan
Pertama dan Kedua
§
Kegiatan Awal
Apersepsi
:
–
Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan
agama dan kepercayaannya masing-masing untuk mengawali pelajaran.
motivasi :
–
Mengajak
siswa bertanya jawab tentang kegiatan apa saja yang dilakukan pada pagi hari
sejak bangun tidur sampai anak berangkat ke sekolah.
–
Dilanjutkan dengan bertanya jawab tentang
di lingkungan mana siswa hidup.
§
Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
? Semua siswa diminta untuk Membuat
gambar / denah berdasarkan penjelasan yang didengar.
secara Dapat dipercaya ( Trustworthines), dan perhatian
( respect ),
F Guru
bercerita tentang bacaan dalam buku.
F melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan
guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya; secara
Peduli ( caring ), Jujur ( fairnes ) dan memiliki nilai Kewarganegaraan (
citizenship )
F
F melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Semua
siswa diminta untuk Membuat gambar / denah berdasarkan penjelasan yang
didengar.
F Mengajak
siswa menyimak “Saya Tambah Pandai” untuk menambah wawasan.
F Mengajak
siswa untuk berdiskusi melalui “Pertanyaan Pemahaman”.
F Menugaskan
siswa untuk memberikan laporan hasil pengamatan tentang materi yang dibahas .
F Mengajak
siswa untuk mengerjakan soal-soal yang ada dalam buku kerja/buku paket
F membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
yang bermakna;
F memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk
memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi
peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang
dihasilkan;
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan
umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat,
maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F memberikan
konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui
berbagai sumber,
F memfasilitasi
peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang
telah dilakukan,
F memfasilitasi
peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai
kompetensi dasar:
Ø
berfungsi sebagai narasumber dan
fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi
kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø
membantu menyelesaikan masalah;
Ø
memberi acuan agar peserta didik dapat
melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø
memberi informasi untuk bereksplorasi lebih
jauh;
Ø
memberikan motivasi kepada peserta didik
yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
§ Kegiatan
Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
F memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
|
Kelompok
Kelompok
Kelompok
Kelompok
Kelompok
Kelompok
Kelompok
Kelompok
Kelompok
Kelo,mpok
Kelo
kelompok
Individu
Kelompok
Kelompok
Kelompok
Individu
Kelompok
Individu
Kelompok
Individu
Individu
Individu
Individu
Individu
Individu
Individu
|
5 menit
10 menit
25 menit
20 menit
10 menit
|
Tertulis
Tertulis
Tertulis
Tertulis
Observasi
Observasi
Tertulis
Tertulis
Observasi
Observasi
|
Religius
Disiplin
Kreatif
Gemar membaca
Rasa ingin tahu
Inovatif
Kemitraan
Kreatif
Inovatif
Kreatif
Gemar membaca
Peduli sosial
Tanggung jawab
Disiplin
Gemar membaca
Tanggung jawab
Kreatif
Ulet
Kreatif
Peduli sosial
Menghargai
akan prestasi
Komonikatif
Kreatif
Rasa
ingin tahu
Kreatif
Tanggung
jawab
Peduli
sosial
Kreatif
Disiplin
Kreatif
|
G. Penilaian
Indikator
Pencapaian
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
· Membuat
gambar / denah
|
Tertulis dan penam-pilan
|
Uraian dan Lembar observasi
|
· Buatlah
denah berdasarkan penjelasan yang didengar!
· Jelaskan
secara lisan mengenai denah yang dibuat!
|
§ Gambar denah buatan sendiri
Aspek
Penilaian
|
Hasil /
Nilai
|
Keterangan
|
1. Kesesuaian
gambar
dengan petunjuk
yang dibacakan.
2.
Tanda penunjuk arah
ke sebuah lokasi Bu-
mi
Perkemahan
|
|
|
§ Penampilan
Penampilan siswa saat menjelaskan petunjuk denah di depan kelas.
Aspek Penilaian
|
Hasil /
Nilai
|
Keterangan
|
1. Kejelasan
ucapan
2. Kewajaran
intonasi
3. Keberanian
|
|
|
H. Sumber / Alat
§ BSE
§ Gambar Denah
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
& LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
|
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............,
......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel Bahasa Indonesia.
.................................. ..................................
NIP
:
NIP :
0 comments:
Post a Comment