Monday, January 9, 2017

Silabus Bhs INggris I/I

SILABUS PEMBELAJARAN



Sekolah                                     : _______________________
Kelas                                         : I (Satu)
Mata Pelajaran                           : BAHASA INGGRIS
Semester                                    : 1 (Satu)
Standar Kompetensi : Mendengarkan
1.        Memahami instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas

Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/
Pembelajaran
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
KewirauSahaan/
Ekonomi Kreatif
Gagasan Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

1.1 Merespon dengan   mengulang kosakata baru dengan ucapan lantang


Contoh:

Guru: chalk

Siswa: chalk

Guru: book


o  Rasa ingin tahu ,
o  Mandiri,
o   Kreatif,
o  Kerja keras
o  Disiplin,
o  Demokratis
o  Tanggung-jawab ,
o  Menghargai Prestasi
o  Gemar membaca
o  Berorientasi tugas dan hasil
o  Percaya diri
o  Berani mengambil resiko
·     Keorisinilan
·     Berorientasi ke masa depan


A.  Siswa bersama-sama mengulang dengan suara lantang kosakata-kosakata baru yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD
§ Masing-masing siswa mengulang dengan suara lantang kosakata-kosakata baru yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD


§ Merespon dengan mengulang apa yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD dengan suara lantang Merespon dengan mengulang apa yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD dengan pengucapan bahasa Inggris yang benar


Tes  lisan


Merespon dengan mengulang secara lisan


Listen to the words and repeat.
Guru: crayon
Murid: (mengulang dengan ucapan lantang)


2 x 35 menit


·   Gambar-
gambar/
benda terkait
·   Rekaman
 kaset/CD
·   Buku teks


1.2 Merespon dengan melakukan tindakan sesuai instruksi secara berterima






Contoh:

Guru: Stand up.

Siswa: (berdiri)

Guru: Sit down.

Siswa: (duduk)

Guru: Make a line.

Siswa: (berbaris)

o  Rasa ingin tahu ,
o  Mandiri,
o   Kreatif,
o  Kerja keras
o  Disiplin,
o  Demokratis
o  Tanggung-jawab ,
o  Menghargai Prestasi
o  Gemar membaca
o  Berorientasi tugas dan hasil
o  Percaya diri
o  Berani mengambil resiko
·     Keorisinilan
·     Berorientasi ke masa depan


§ Siswa memperagakan instruksi-instruksi yang diberikan oleh guru atau yang didengar dari kaset/CD


§ Merespon dengan memperagakan instruksi-instruksi yang didengar






Unjuk kerja














Responding













Listen to the instructions and follow them.
Guru: Jump.
Siswa: (melompat)


2 x 35 menit


·   Rekaman kaset/CD
·    Buku teks





Mengetahui,
Kepala SD ……………………



(_________________________)
NIP/NIK: .........................................

………………,………………………
Guru Bahasa Inggris



(_________________________)
NIP/NIK: .........................................





SILABUS PEMBELAJARAN



Sekolah                                     : _______________________
Kelas                                         : I (Satu)
Mata Pelajaran                           : BAHASA INGGRIS
Semester                                    : 1 (Satu)
Standar Kompetensi : Berbicara
2. Mengungkapkan informasi sangat sederhana dalam konteks kelas

Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/ Pembelajaran
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
KewirauSahaan/
Ekonomi Kreatif
Gagasan Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

2.1 Bercakap-cakap untuk meminta/memberi informasi secara berterima yang melibatkan tindak tutur: menanyakan suatu benda dan menanyakan seseorang

Contoh:

A: What is this?
B: This  is a pencil.

A: Who is he?
B: He is my brother.

A: What are you doing?
B: I am studying.




o  Rasa ingin tahu ,
o  Mandiri,
o   Kreatif,
o  Kerja keras
o  Disiplin,
o  Demokratis
o  Tanggung-jawab ,
o  Menghargai Prestasi
o  Gemar membaca
o  Berorientasi tugas dan hasil
o  Percaya diri
o  Berani mengambil resiko
·     Keorisinilan
·     Berorientasi ke masa depan


§ Tanya jawab yang berkaitan dengan materi
§ Meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan
§ Membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi
§ Latihan percakapan dalam bentuk dialog
§ Menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata


Mengungkapkan berbagai tindak tutur:
§ Menanyakan suatu benda
§ Menanyakan seseorang


·   Tes lisan



·   Unjuk kerja

·   Pertanyaan



·   Performance

·   Answer the questions orally!

·   Act out the dialogue in front of the class!

4 x 35 menit

·     Script percakapan
·     Buku teks
·     Alat peraga

2.2 Bercakap-cakap untuk menyertai tindakan secara berterima yang melibatkan tindak tutur: menanyakan kegiatan yang sedang dilakukan seseorang dan menyebutkan ukuran sebuah benda


Contoh:

A: What are you doing?
B: I am studying.

A: It is big.
B: It is little.


o  Rasa ingin tahu ,
o  Mandiri,
o   Kreatif,
o  Kerja keras
o  Disiplin,
o  Demokratis
o  Tanggung-jawab ,
o  Menghargai Prestasi
o  Gemar membaca
o  Berorientasi tugas dan hasil
o  Percaya diri
o  Berani mengambil resiko
·     Keorisinilan
·     Berorientasi ke masa depan


§ Tanya jawab yang berkaitan dengan materi
§ Meniru pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan
§ Membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi
§ Latihan percakapan dalam bentuk dialog
§ Menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata

Mengungkapkan berbagai tindak tutur:
§ Menanyakan kegiatan yang sedang dilakukan seseorang
§ Menyebutkan ukuran sebuah benda

Tes lisan

Pertanyaan

Answer the questions orally!

4 x 35 menit

·   Script percakapan
·   Buku teks berisi percakapan
·   Alat peraga

 

 

Mengetahui,
Kepala SD ……………………



(_________________________)
NIP/NIK: .........................................

………………,………………………
Guru Bahasa Inggris



(_________________________)
NIP/NIK: .........................................

SILABUS PEMBELAJARAN


Sekolah                                     : _______________________
Kelas                                         : I (Satu)
Mata Pelajaran                           : BAHASA INGGRIS
Semester                                    : 1 (Satu)
Standar Kompetensi : Membaca
3. Memahami tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas

Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/ Pembelajaran
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
KewirauSahaan/
Ekonomi Kreatif
Gagasan Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
3.1     Membaca nyaring dengan ucapan dan intonasi yang tepat dan berterima yang melibatkan: kata, frasa, dan kalimat sangat sederhana








Pronunciation kata, frasa, dan kalimat yang dipelajari














o  Rasa ingin tahu ,
o  Mandiri,
o   Kreatif,
o  Kerja keras
o  Disiplin,
o  Demokratis
o  Tanggung-jawab ,
o  Menghargai Prestasi
o  Gemar membaca
o  Berorientasi tugas dan hasil
o  Percaya diri
o  Berani mengambil resiko
·     Keorisinilan
·     Berorientasi ke masa depan


§ Mendengarkan dan merespon hal-hal yang perlu diperhatikan dalam kegiatan membaca nyaring: pronunciation, intonation
§  Mendengarkan contoh membaca nyaring yang dilakukan guru
§ Menirukan membaca nyaring dengan intonasi dan jeda sesuai model
§ Membaca nyaring sendiri dengan lafal, intonasi, dan jeda yang baik dan benar

§ Melafalkan kata, frasa, dan kalimat dengan baik dan benar
§ Membaca kata, frasa, dan kalimat dengan intonasi yang benar
§ Membaca nyaring dengan baik dan benar





·   Tes unjuk kerja


·   Observasi













·   Uji petik membaca nyaring

·   Lembar observasi














Read all the sentences aloud.

Read all the sentences loudly and carefully.












2 x 35 menit

















·   Buku teks
·   Alat peraga
















3.2     Memahami kalimat dan teks deskriptif bergambar sangat sederhana secara tepat dan berterima

·   Kalimat-kalimat sangat sederhana
·   Teks deskriptif bergambar sangat sederhana berbentuk cerita singkat

o  Rasa ingin tahu ,
o  Mandiri,
o   Kreatif,
o  Kerja keras
o  Disiplin,
o  Demokratis
o  Tanggung-jawab ,
o  Menghargai Prestasi
o  Gemar membaca
o  Berorientasi tugas dan hasil
o  Percaya diri
o  Berani mengambil resiko
·     Keorisinilan
·     Berorientasi ke masa depan


§ Mengidentifikasi informasi dalam kalimat-kalimat sangat sederhana
§ Mengidentifikasi informasi yang terdapat dalam bacaan
§ Tanya jawab yang terkait dengan materi

§ Mengidentifikasi berbagai informasi dalam kalimat-kalimat sangat sederhana
§ Mengidentifikasi berbagai informasi dalam teks deskriptif bergambar


Tes unjuk kerja

Tes identifikasi gambar berdasarkan informasi yang ada dalam kalimat-kalimat sangat sederhana atau dalam teks

Point to the student in the picture described in the text.

2 x 35 menit











Buku teks







Mengetahui,
Kepala SD ……………………



(_________________________)
NIP/NIK: .........................................

………………,………………………
Guru Bahasa Inggris



(_________________________)
NIP/NIK: .........................................


SILABUS PEMBELAJARAN



Sekolah                                     : _______________________
Kelas                                         : I (Satu)
Mata Pelajaran                           : BAHASA INGGRIS
Semester                                    : 1 (Satu)
Standar Kompetensi : Menulis
4. Mengeja dan menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas

Kompetensi
Dasar
Materi Pokok/Pembelajaran
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
KewirauSahaan/
Ekonomi Kreatif
Gagasan Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

4.1.   Mengeja kosakata bahasa Inggris sangat sederhana secara tepat dan berterima dengan ejaan yang benar

Kosakata sangat sederhana terkait dengan nama-nama alat tulis dan kata sifat

o  Rasa ingin tahu ,
o  Mandiri,
o   Kreatif,
o  Kerja keras
o  Disiplin,
o  Demokratis
o  Tanggung-jawab ,
o  Menghargai Prestasi
o  Gemar membaca
o  Berorientasi tugas dan hasil
o  Percaya diri
o  Berani mengambil resiko
·     Keorisinilan
·     Berorientasi ke masa depan


§ Mengeja kosakata materi terkait berdasarkan gambar

§ Mengeja kosakata berdasarkan gambar dengan ejaan yang benar

Tes tulis





Menulis kosakata dengan ejaan yang benar


Trace names of certain objects with the correct spelling.

4 x 35 menit


·   Buku teks
·   Alat peraga



4.2.   Menyalin kosakata bahasa Inggris sangat sederhana secara tepat dan berterima




Kosakata sangat sederhana terkait dengan nama-nama alat tulis dan kata sifat
o  Rasa ingin tahu ,
o  Mandiri,
o   Kreatif,
o  Kerja keras
o  Disiplin,
o  Demokratis
o  Tanggung-jawab ,
o  Menghargai Prestasi
o  Gemar membaca
o  Berorientasi tugas dan hasil
o  Percaya diri
o  Berani mengambil resiko
·     Keorisinilan
·     Berorientasi ke masa depan


§ Menyalin dan mencocokkan kosakata dengan gambar
§ Menulis nama-nama alat tulis dan kata sifat

§ Menyalin dan mencocokkan kata dengan gambar yang sesuai
§ Menulis nama-nama alat tulis, kata sifat, atau materi terkait dengan benar dan sesuai gambar yang tepat

Tes tulis

·   Menyalin kosakata sesuai dengan gambar

·   Menulis kosakata dengan benar dan sesuai dengan gambar

Write names of the objects based on the pictures.


Write  the adjectives based on  the pictures.

4 x 35 menit

·   Buku teks
·   Alat peraga

 


 

Mengetahui,
Kepala SD ……………………



(_________________________)
NIP/NIK: .........................................

………………,………………………
Guru Bahasa Inggris



(_________________________)
NIP/NIK: .........................................

0 comments:

Post a Comment