SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah :
_______________________
Kelas :
I (Satu)
Mata Pelajaran : BAHASA INGGRIS
Semester :
1 (Satu)
Standar Kompetensi : Mendengarkan
1.
Memahami instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam
konteks kelas
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/
Pembelajaran
|
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
|
KewirauSahaan/
Ekonomi Kreatif
|
Gagasan
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||||
1.1 Merespon dengan mengulang kosakata baru dengan ucapan
lantang
|
Contoh:
Guru: chalk
Siswa: chalk
Guru: book
|
o Rasa ingin tahu ,
o Mandiri,
o Kreatif,
o Kerja keras
o Disiplin,
o Demokratis
o Tanggung-jawab ,
o Menghargai
Prestasi
o Gemar membaca
|
o Berorientasi tugas
dan hasil
o Percaya diri
o Berani mengambil
resiko
· Keorisinilan
· Berorientasi ke
masa depan
|
A. Siswa
bersama-sama mengulang dengan suara lantang kosakata-kosakata baru yang
diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD
§ Masing-masing
siswa mengulang dengan suara lantang kosakata-kosakata baru yang diucapkan
guru atau didengar dari kaset/CD
|
§ Merespon
dengan mengulang apa yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD dengan
suara lantang Merespon dengan mengulang apa yang diucapkan guru atau didengar
dari kaset/CD dengan pengucapan bahasa Inggris yang benar
|
Tes lisan
|
Merespon dengan mengulang secara lisan
|
Listen to the words
and repeat.
Guru: crayon
Murid: (mengulang
dengan ucapan lantang)
|
2 x 35 menit
|
· Gambar-
gambar/
benda terkait
· Rekaman
kaset/CD
· Buku teks
|
1.2 Merespon dengan melakukan tindakan sesuai
instruksi secara berterima
|
Contoh:
Guru: Stand up.
Siswa: (berdiri)
Guru: Sit down.
Siswa: (duduk)
Guru: Make a
line.
Siswa: (berbaris)
|
o Rasa ingin tahu ,
o Mandiri,
o Kreatif,
o Kerja keras
o Disiplin,
o Demokratis
o Tanggung-jawab ,
o Menghargai
Prestasi
o Gemar membaca
|
o Berorientasi tugas
dan hasil
o Percaya diri
o Berani mengambil
resiko
· Keorisinilan
· Berorientasi ke
masa depan
|
§ Siswa
memperagakan instruksi-instruksi yang diberikan oleh guru atau yang didengar
dari kaset/CD
|
§ Merespon
dengan memperagakan instruksi-instruksi yang didengar
|
Unjuk kerja
|
Responding
|
Listen to the
instructions and follow them.
Guru: Jump.
Siswa: (melompat)
|
2 x 35 menit
|
· Rekaman
kaset/CD
· Buku teks
|
Mengetahui,
(_________________________)
NIP/NIK:
.........................................
|
|
………………,………………………
Guru Bahasa Inggris
(_________________________)
NIP/NIK:
.........................................
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah :
_______________________
Kelas :
I (Satu)
Mata Pelajaran : BAHASA INGGRIS
Semester :
1 (Satu)
Standar Kompetensi : Berbicara
2. Mengungkapkan informasi sangat sederhana dalam konteks
kelas
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/ Pembelajaran
|
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
|
KewirauSahaan/
Ekonomi Kreatif
|
Gagasan
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||||
2.1 Bercakap-cakap untuk meminta/memberi
informasi secara berterima yang melibatkan tindak tutur: menanyakan suatu
benda dan menanyakan seseorang
|
Contoh:
A: What is this?
B: This is a pencil.
A: Who is he?
B: He is my brother.
A: What are you doing?
B: I am studying.
|
o Rasa ingin tahu ,
o Mandiri,
o Kreatif,
o Kerja keras
o Disiplin,
o Demokratis
o Tanggung-jawab ,
o Menghargai
Prestasi
o Gemar membaca
|
o Berorientasi tugas
dan hasil
o Percaya diri
o Berani mengambil
resiko
· Keorisinilan
· Berorientasi ke
masa depan
|
§ Tanya jawab
yang berkaitan dengan materi
§ Meniru
pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan
§ Membahas
kosakata dan struktur percakapan sesuai materi
§ Latihan
percakapan dalam bentuk dialog
§ Menggunakan
ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata
|
Mengungkapkan berbagai tindak tutur:
§ Menanyakan
suatu benda
§ Menanyakan
seseorang
|
· Tes lisan
· Unjuk kerja
|
· Pertanyaan
· Performance
|
· Answer the questions orally!
· Act out the dialogue in front of the class!
|
4 x 35 menit
|
· Script percakapan
· Buku teks
· Alat peraga
|
2.2 Bercakap-cakap untuk menyertai tindakan
secara berterima yang melibatkan tindak tutur: menanyakan kegiatan yang
sedang dilakukan seseorang dan menyebutkan ukuran sebuah benda
|
Contoh:
A: What are you doing?
B: I am studying.
A: It is big.
B: It is little.
|
o Rasa ingin tahu ,
o Mandiri,
o Kreatif,
o Kerja keras
o Disiplin,
o Demokratis
o Tanggung-jawab ,
o Menghargai
Prestasi
o Gemar membaca
|
o Berorientasi tugas
dan hasil
o Percaya diri
o Berani mengambil
resiko
· Keorisinilan
· Berorientasi ke
masa depan
|
§ Tanya jawab
yang berkaitan dengan materi
§ Meniru
pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan
§ Membahas
kosakata dan struktur percakapan sesuai materi
§ Latihan
percakapan dalam bentuk dialog
§ Menggunakan
ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata
|
Mengungkapkan berbagai tindak tutur:
§ Menanyakan
kegiatan yang sedang dilakukan seseorang
§ Menyebutkan
ukuran sebuah benda
|
Tes lisan
|
Pertanyaan
|
Answer the questions orally!
|
4 x 35 menit
|
· Script percakapan
· Buku teks berisi
percakapan
· Alat peraga
|
Mengetahui,
(_________________________)
NIP/NIK:
.........................................
|
|
………………,………………………
Guru Bahasa Inggris
(_________________________)
NIP/NIK:
.........................................
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah :
_______________________
Kelas :
I (Satu)
Mata Pelajaran : BAHASA INGGRIS
Semester :
1 (Satu)
Standar Kompetensi : Membaca
3. Memahami tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam
konteks kelas
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/ Pembelajaran
|
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
|
KewirauSahaan/
Ekonomi Kreatif
|
Gagasan
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||||
3.1 Membaca nyaring dengan
ucapan dan intonasi yang tepat dan berterima yang melibatkan: kata, frasa,
dan kalimat sangat sederhana
|
Pronunciation kata, frasa, dan
kalimat yang dipelajari
|
o Rasa ingin tahu ,
o Mandiri,
o Kreatif,
o Kerja keras
o Disiplin,
o Demokratis
o Tanggung-jawab ,
o Menghargai Prestasi
o Gemar membaca
|
o Berorientasi tugas
dan hasil
o Percaya diri
o Berani mengambil
resiko
· Keorisinilan
· Berorientasi ke
masa depan
|
§ Mendengarkan
dan merespon hal-hal yang perlu diperhatikan dalam kegiatan membaca nyaring:
pronunciation, intonation
§ Mendengarkan contoh membaca nyaring yang
dilakukan guru
§ Menirukan
membaca nyaring dengan intonasi dan jeda sesuai model
§ Membaca
nyaring sendiri dengan lafal, intonasi, dan jeda yang baik dan benar
|
§ Melafalkan
kata, frasa, dan kalimat dengan baik dan benar
§ Membaca
kata, frasa, dan kalimat dengan intonasi yang benar
§ Membaca
nyaring dengan baik dan benar
|
· Tes unjuk kerja
· Observasi
|
· Uji petik membaca
nyaring
· Lembar observasi
|
Read all the sentences aloud.
Read all the sentences loudly
and carefully.
|
2 x 35 menit
|
· Buku teks
· Alat peraga
|
3.2 Memahami kalimat dan
teks deskriptif bergambar sangat sederhana secara tepat dan berterima
|
· Kalimat-kalimat sangat
sederhana
· Teks deskriptif
bergambar sangat sederhana berbentuk cerita singkat
|
o Rasa ingin tahu ,
o Mandiri,
o Kreatif,
o Kerja keras
o Disiplin,
o Demokratis
o Tanggung-jawab ,
o Menghargai
Prestasi
o Gemar membaca
|
o Berorientasi tugas
dan hasil
o Percaya diri
o Berani mengambil
resiko
· Keorisinilan
· Berorientasi ke
masa depan
|
§ Mengidentifikasi
informasi dalam kalimat-kalimat sangat sederhana
§ Mengidentifikasi
informasi yang terdapat dalam bacaan
§ Tanya jawab
yang terkait dengan materi
|
§ Mengidentifikasi
berbagai informasi dalam kalimat-kalimat sangat sederhana
§ Mengidentifikasi
berbagai informasi dalam teks deskriptif bergambar
|
Tes unjuk kerja
|
Tes identifikasi gambar berdasarkan informasi yang ada dalam
kalimat-kalimat sangat sederhana atau dalam teks
|
Point to the student in the
picture described in the text.
|
2 x 35 menit
|
Buku teks
|
Mengetahui,
(_________________________)
NIP/NIK:
.........................................
|
|
………………,………………………
Guru Bahasa Inggris
(_________________________)
NIP/NIK: .........................................
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah :
_______________________
Kelas :
I (Satu)
Mata Pelajaran : BAHASA INGGRIS
Semester :
1 (Satu)
Standar Kompetensi : Menulis
4. Mengeja dan menyalin tulisan bahasa Inggris sangat
sederhana dalam konteks kelas
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/Pembelajaran
|
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
|
KewirauSahaan/
Ekonomi Kreatif
|
Gagasan
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||||
4.1. Mengeja kosakata bahasa
Inggris sangat sederhana secara tepat dan berterima dengan ejaan yang benar
|
Kosakata sangat sederhana terkait dengan nama-nama alat tulis dan kata
sifat
|
o Rasa ingin tahu ,
o Mandiri,
o Kreatif,
o Kerja keras
o Disiplin,
o Demokratis
o Tanggung-jawab ,
o Menghargai
Prestasi
o Gemar membaca
|
o Berorientasi tugas
dan hasil
o Percaya diri
o Berani mengambil
resiko
· Keorisinilan
· Berorientasi ke
masa depan
|
§ Mengeja
kosakata materi terkait berdasarkan gambar
|
§ Mengeja
kosakata berdasarkan gambar dengan ejaan yang benar
|
Tes tulis
|
Menulis kosakata dengan ejaan yang benar
|
Trace names of certain objects
with the correct spelling.
|
4 x 35 menit
|
· Buku teks
· Alat peraga
|
4.2. Menyalin kosakata bahasa
Inggris sangat sederhana secara tepat dan berterima
|
Kosakata sangat sederhana terkait dengan nama-nama alat tulis dan kata
sifat
|
o Rasa ingin tahu ,
o Mandiri,
o Kreatif,
o Kerja keras
o Disiplin,
o Demokratis
o Tanggung-jawab ,
o Menghargai
Prestasi
o Gemar membaca
|
o Berorientasi tugas
dan hasil
o Percaya diri
o Berani mengambil
resiko
· Keorisinilan
· Berorientasi ke
masa depan
|
§ Menyalin dan
mencocokkan kosakata dengan gambar
§ Menulis
nama-nama alat tulis dan kata sifat
|
§ Menyalin dan
mencocokkan kata dengan gambar yang sesuai
§ Menulis
nama-nama alat tulis, kata sifat, atau materi terkait dengan benar dan sesuai
gambar yang tepat
|
Tes tulis
|
· Menyalin kosakata sesuai
dengan gambar
· Menulis kosakata dengan
benar dan sesuai dengan gambar
|
Write names of the objects based
on the pictures.
Write the adjectives based on the pictures.
|
4 x 35 menit
|
· Buku teks
· Alat peraga
|
Mengetahui,
(_________________________)
NIP/NIK:
.........................................
|
|
………………,………………………
Guru Bahasa Inggris
(_________________________)
NIP/NIK: .........................................
|
0 comments:
Post a Comment